KATA cinta dari MEREKA

yang menemani perjalanan hidup Kami



Hairul Anam

@hai_rul

Debur ombak bahkan masih terdengar amat kencang pagi itu, kala bulan ke-delapan baru menginjak hari kesembilan. Kicauan burung pun seperti menyampaikan pesan, bahwa kami --aku dan Shaskia-- harus lekas kembali ke pulau penempatan, Pulau Kawio dan Pulau Matutuang.


Tapi hari itu berbeda.
Kuingat betul betapa cinta membuat segalanya menjadi mungkin. Pasalnya, keterbatasan daerah kami yang terbatas akan sinyal internet, keterbatasan waktu karena kami harus segera ke pulau, membuat aku harus rela menunggu sebuah pesan rahasia untuk Shaskia. Pesan cinta dari sahabat saya, Muhammad Ihsan Nugraha, atau ia lebih terkenal dengan sapaan Ican.


Hal ini bolehlah kusebut dengan, 'perjuangan cinta'.
Bayangkan, Ican ingin mengirimkan satu buah 'kado' ulang tahun untuk calon pujaan hatinya (saat itu belum ada balasan cinta dari sang wanita), sebuah kumpulan video, pesan-pesan dari orang-orang terkasih, dan hal menakjubkan lainnya untuk Shaskia melalui web.


Sudah kukatakan sejak awal, kami fakir akses internet.
Maka demi melancarkan perjuangan cinta tadi, Aku rela naik genting, mencari sinyal lebih baik, untuk mengunduh video tersebut, dan memberikannya ke Shaskia tepat pada tanggal 9 Agustus 2014, saat ia berulang tahun.


Pertanyaannya, mengapa aku mau?
Di saat teman-temanku tidak menyetujui jika Shaskia bersama Ican, ditambah Shaskia pun pada awalnya sama sekali tidak memiliki rasa yang bernama cinta, aku tetap pada keyakinanku, bahwa, Ican adalah lelaki yang terbaik dan tepat untuk menjadi imam untuknya.


Aku, yang lebih sering bersama Shaskia saat perjalanan dalam kapal ke pulau dibandingkan teman-teman yang lain, lebih sering mendengarkan curhatan apa pun ketimbang yang lain, dan pastinya, lebih sering memaksimalkan 'asas manfaat' kecantikan yang dimilikinya untuk gratisnya tiket kapal selama satu tahun (ini serius, lho!), Semakin yakin bahwa, suatu saat nanti, Ican akan berhasil mendapatkan Shaskia. Meski aku tak mengatakan akan mudah melakukannya, ya.


Lalu, sudah panjang-lebar aku menulis ini, dan kalian tetap membaca hingga kini,
Itu semua karena apa?
Karena pada akhirnya, wanita cantik luar-dalam bernama Shaskia Shinta Rialny, yang dulu, belum ada sekecil apa pun perasaan cinta untuk Ican, saat ini, ia menerima Muhammad Ihsan Nugraha untuk menjadi imam dalam hidupnya. Maha Besar Allah Sang Maha Pembolak-balik hati, Sang Maha Pengatur jalannya kehidupan, memuarakan dua hati pada satu tujuan, Jannah-Nya.


Enci, abe kumia, eung.
Semoga Bang Ican adalah jawaban atas doa-doa di atas sajadah kala malam,
Penghapus isak tangis dan penyedia sandaran jika kegundahan mampir sesaat kelak. Anggap saja, Bang Ican adalah kasur Sabuk Nusantara 38 yang amat nyaman, yang membuat tidur pulas, yang saat pagi tiba, daratan Matutuang sudah ada!


Dan terakhir,
Bang Ican, semua perjuangan yang dulu ada, belum berakhir, meski kini, ranum hasilnya. Semoga amanah, dan menjadi penyempurna ibadah menuju Jannah-Nya, ya.
Aamiinn.


Kassek bue lawo-lawo,
Engku Hairul a.k.a émak.

Jovanni Enralin Silalahi

@joenralin

Teruntuk Shaskia dan Ican,
Ternyata butuh lebih dari sekedar kata-kata cinta untuk membuat dua insan bersatu, ya? 😊
Terima kasih telah mengizinkan saya melihat satu rangkaian utuh dari indahnya kekuatan doa.😘😘😘

Nur Cahaya

@nurcahaya_nce

Dibandingkan Cinta dan Rangga, Dilan dan Milea, atau sederet artis papan atas yang sering dibicarakan publik akhir-akhir ini, menurutku masih kalah jauh dengan perjuangan cintanya Ican dan Shaski. Romantisnya pun masih kalah dengan romantisnya Ican dan Shaski.
Ternyata benar adanya, bagi Ican perjuangan untuk mendapatkan bidadari surga itu tidak ada yang sia-sia, dan baginya Shaski adalah bidadari yang akan menjadi ibu dari anak-anak mereka kelak. Terharu banget menjadi salah satu saksi dari perjalanan cinta kalian berdua.

Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warohmah ya kalian. Turut berbahagia ya Ican dan Shaski. Langgeng sampai akhirat. Kebahagiaan salah satu sahabat kalian ini tidak bisa diungkapkan dengan banyak kata.

Tuti Alfiani

@alfianituti

"Maju tak gentar", semboyan yang pas untuk menggambarkan sosok Ican. Tetap teguh pendirian dan berusaha dengan ulet untuk mencapai apa yang diinginkan. Bertemu sosok Shaskia yang lembut, baik, tapi juga tangguh. Paket lengkap ini memang menjadi istimewa bagi Ican.

Selamat berbahagia untuk kedua sahabatku yang super baik dan mengagumkan. Semoga Allah selalu melimpahkan kebaikan dan keberkahan pada rumah tangga yang dibina. "Ternyataaa.. jodoh itu dekat, muternya aja yang jauh" 🤗

Salam Tenda Biru - Tempat Makan Camp Pengajar Muda VIII

Reviline Sijabat

@reviline_sijabat

Shaski itu orangnya sabar banget dan selalu berusaha tersenyum dalam segala situasi (ditambah lesung pipinya yang memesona semua orang😃). Inisiatif tinggi, keibuan banget dan cerdas 😘
Ican itu pekerja keras dan pantang mundur (salah satunya untuk mendapatkan Shaski sebagai istrinya 😃), inisiatif tinggi, sayang sama orang tua, dan kreatif.

Shaski dan Ican menikah? Finally, happy banget.
Sejauh apa pun melangkah, bagaimanapun usaha untuk menolak, kalau jodoh, pasti akan bersatu. Dan kekuatan doa itu sungguh nyata 😃
Selamat berbahagia Shaski dan Ican dan selamat menaiki tangga yang indah

Sangalian Jato (Sali)

@cutesalmon

Team Ican

AKHIRNYA GUE BOLEH NULIS INI!!

Huahaha setelah sekian lama jadi teman main, teman ngeprint, teman memotoran, dan paling awet adalah jadi teman curhat bagi seorang Ican, akhirnya, akhirnyaa, akhirnyaaaa gue bisa dengan mudah menjawab pertanyaan orang yang kebetulan kenal juga sama Ican dan kadang suka kepo, “Eh abis ketemu Ican? Apa kabar dia?”
Seperti misalnya pagi ini. Habis lari di GBK, ketemu sesama PM tapi beda angkatan, lalu ngomongin hal lain yang berujung ke diskusi:
“Eh ketua angkatan lo siapa sih, Sal?”
“Ican..”
“Oohhh Icaan... Apa kabar dia?”

Nah dulu-dulu tuh, pertanyaan kaya gitu pasti jawaban gue template, “Baik, makin jaya di Tokopedia. Emang dasar kompetitor, dianya hepi, gue terseok-seok.” (HEHEHE engga deng, kalimat terakhir biasanya ga disebutin)

TAPI
SETELAH KEMARIN ADA YANG GO PUBLIC DI GRUP ANGKATAN
AKHIRNYA
TANPA RAGU-RAGU
GUE BISA JAWAB PERTANYAANNYA DENGAN:
“Ican? Baik banget dia. Mau nikah ❤ “

Hihihi even sambil ngetik ini pun gue senyum-senyum sendiri. Sebagai teman sepenempatannya Ican, daaan ntah kenapa paling sering dicurhatin Ican soal kisah asmara, gue udah bosen banget ngomongin kisah Ican yang tak kunjung berbuah manis jua (hingga setahun terakhir ini).

Dari awalnya ikutan ceng-cengin Ican pas masih pelatihan IM, terus lanjut di penempatan menyaksikan sendiri Ican beli buku dan poster (iya bukan sih can?) buat dikirim dari Putussibau ke Sangihe, eeh terus balik Jakarta malah pupus, ya pastinya ada lah masa-masa gue jadi setan dan nasehatin buat move on dan nyari calon pendamping yang lain. Habis kan ga tega yha liat kisah cintanya, naik turun naik turun kayak jemuran di musim hujan >. <

Tapi Ican bukan seorang Ican namanya kalau nyerah gitu aja. Dari namanya aja udah jelas: I CAN! (Ga salah sih can Bapak Ibu lo milihin nama dulu).

Dia bisa PDKT bertahun-tahun dan ga capek. Dia bisa maju terus walaupun kompetitor yang ngantri banyak banget :D
Dia bisa tiba-tiba cuti terus terbang nemenin si Enci yang sakit di pulau sebelah, tanpa kerjaannya terbengkalai. Dia bisa bikin rencana sematang mungkin, dari meniti karir, beli rumah, survei gedung, nyari katering, les bahasa Inggris, SAMBIL KULIAH MALEM S2 yang bentar lagi juga udah mau sidang. Dan pastinya, dia bisa meyakinkan si Enci (dan keluarganya – ini yang penting ya can? :p) untuk memantapkan hati memulai kehidupan rumah tangga berdua.

Jadi iya, kalau dianalogikan kayak jalanan, kisah cintanya Ican itu memang kayak jalanan di Jakarta. Banyak banget hambatannya :)) Ntah yang jalanannya bolong, kebanyakan orang berseliweran, atau ya emang macet aja. Makanya begitu ketemu titik cerah alias jalannya lowong dikit, langsung tancap gas ya can?

Mungkin gue bisa berbangga hati menjadi salah satu dari sangat sedikit orang yang dikirimin info ini. Ga banyak juga soalnya yang tahu dan mengikuti kisah Ican dan si Enci, apalagi menyangka bahwa mereka akan berujung di pelaminan :)

Tapi yang jelas, gue sekarang sungguh senang akhirnya Ican sebentar lagi akan menikah! Meskipun sedikit terharu ngebayangin temen baik gue akan jadi suami orang, tapi gue dengan senang hati melimpahkan tugas dengerin curhatan Ican ke istrinya kelak. Dan setidaknya mulai sekarang no more kisah-kisah galau soal asmara ya Can!

Jadi, sebagai penutup, gue pengen sok bijak dan menyampaikan ini:
Ican, perjuangan lo berbuah manis. Tapi jangan sedih, ini belum sampai di akhirnya :)) Masih banyak perjuangan lain yang menanti di depan, tapi no worries lah ya, sekarang kan udah ada yang nemenin 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Ihiy!

Dan Shaski... duh Shas. Lo bener-bener perempuan beruntung. Mungkin banyak yang bilang ke Ican, he’s a lucky guy to finally have you, karena…. yaiyalah ya, ibu peri Shaskia gituh! Tapi sebagai #TeamIcan, gue pengen teriak dan bilang SHASKI LO BERUNTUNG BANGET BISA MEMILIH DAN DIPILIH ICAN. Gue garansi pilihan lo ga salah. Selamat bertumbuh bersama, dan kalo berantem segera baikan yaa!

Selamat, Ican dan Shaski!

Selengkapnya di Blog Sali

Ronald Hutagaol

@gaolronald

Ican dan Shaski
Ketika Indonesia Mengajar mempertemukan

Ketika banyak juga yang berpisah karena Indonesia Mengajar (termasuk saya), mereka justru sebaliknya. Di sini IM bisa dikatakan sebagai ajang "pengujian cinta".
Ican berjuang, iya, dia memang berjuang, mengalahkan ego "gengsi" untuk mendapatkan cinta Shaski, mulai pelatihan, penempatan, hingga pasca penempatan PM8. Heroik memang.
Saya sendiri sempat membuat "lagu perjuangan" Ican ketika pelatihan PM8. Saya tergugah melihat Ican yang benar-benar terkesima oleh Shaski hampir di semua kesempatan pelatihan kala itu.

Begini Liriknya :
Shaskia Shaskia
Gadis manis berkacamata
Membuat Ican jatuh cinta
Karena kelembutannya
Lewat angin malam dia titipkan salam
Lewat embun pagi dia selipkan rindu


Saat penempatan, rumah dinas dan kantor POS menjadi saksi diam perjuangan Ican.
Setelah penempatan (bekerja), mereka sempat menjauh, namun takdir kembali mempertemukan mereka. Ican menyeberang pulau demi mengejar cintanya, mendapatkan hati Shaski seutuhnya dan sekalian mendapatkan restu orangtuanya. JOSS Brother, setidaknya lo udah ngebuktiin kalo lo itu emang Pria.

Susilo Wati

@susilocuplis

Akhirnya akad juga ya Pak🤣😆
Kesabaran yang diiringi ikhtiar memang pasti berbuah manis.
Jadi keinget dulu masa-masa diceng-cengin sama Shaski (Si ibu peri yang syantik dan baik hati) sejak di Camp Indonesia mengajar sampai bapernya kebawa-bawa di penempatan. Sempat tarik ulur juga (aku nggak tau siapa yang narik dan siapa yang ngulur, intinya nggak ada kejelasan aja). Tiba-tiba intens lagi hubungannya bahkan Ican sempat ngirim video buat ulang tahun Shaski yang udah dipersiapkan jauh-jauh hari (sweeeet), dan ketika kembali dari penempatan hilang kabar. Tapi aku yakin kayaknya Ican mah tetep ngarep ke Shaski, meski udah dalam tahap pasrah (pasrahnya Ican mah tetep ada usaha stalking kanan kiri, hahahaha). Dan untuk kesekian kalinya kedua belah pihak ragu-ragu sama perasaan masing-masing (semoga infonya valid).

Ketika random chat Ican, dia cuma bilang “minta doanya Sus, semoga disegerakan”, tapi aku belum tau siapa yang dimaksud, intinya sudah ada calon yang mau sama dia.. hahahaha
Dan random aja ketika liat instastorynya lagi otw ke Kalimantan, sedangkan saat yang sama Shaski juga lagi di sana dan sakit. Jeng jeng…. Puzzle terbuka. Yah namanya cewek, pastilah luluh sama usaha Ican yang meskipun dalam diam pun tetep berusaha, dan kayaknya sering banget ngasi kejutan yang bisa bikin hati cewek manapun meleleh.
Dan dari situ sudah ada bau-bau hubungan yang serius sampai diumumkanlah secara resmi hari pernikahannya. Sumpah seneng banget 😄 Akhirnya Ican Shaski menuju “SAH”

Semoga drama hubungan kalian berlanjut menjadi drama romantis menuju Ridho-Nya dunia akhirat 🙏😁
Happy wedding yaa, semoga lancar semuanya😘

Ali Murtadhonuri

@alimurtadhonuri

Melihat perjalanan Ican dan Shaski dan menjadi saksi bagaimana dua mahluk ajaib ini akhirnya bisa bersatu dalam janji suci adalah sebuah anugerah tersendiri. Berasa menyaksikan film yang setiap adegannya dibumbui dengan drama-drama kehidupan. Ican membuktikan bahwa dia (Shaski) yang begitu layak diperjuangkan pada akhirnya layak pula didapatkan.

Kalimat "The Power Of Bondo" ternyata salah, karena Ican telah memberikan pelajaran bahwa ada sesuatu yang lebih berkuasa atas apa yang terjadi yaitu; usoho lan dungo maring sang maha kuoso!

Happy ending bro, Ican Shaski deserve each other! Akur terus yah Pak Guru dan Ibu Guru :)

Sri Lindawati

@adnilnda

Kalau diminta jelasin tentang dua temanku ini. Maka satu kata mereka itu JODOH.

Jodoh memang rahasianya Allah.. Bagaimanapun usaha kita, ketika Allah berkehendak bukan maka ia tak akan bertemu. Tapi kisah dua orang ini patut diberikan apresiasi (khususnya buat Ican sih) yang ga tau malu ngejar-ngejar jodohnya.. heee.. (lebih tepatnya meng-IKHTIARKan) untuk menemukan pasangan hidupnya.
Kenal Ican dan Shaski pertama kali saat kami di Indonesia Mengajar. Tempat yang memorable sekali buatku, mungkin juga buat yang lain.
Ican itu ketua angkatan kita, biasanya kalau ketua angkatan itu eksis & ngetop. Begitu juga Ican.. lebih tepatnya super duper baik. Terlebih saat aku tau dia akan jadi partner satu tahun ngajar di Kapuas Hulu.
Shaski itu manis.. Apalagi kalau lagi senyum. Cewek aja suka apalagi cowok. Ga kaget bikin Ican naksir and ngejar-ngejar sampe bertahun-tahun.

Tentang mereka berdua
Yang bisa aku ambil pelajarannya adalah segala sesuatu itu perlu DIIKHTIARKAN dengan sungguh-sungguh.
Aku yakin Ican & Shaski pasti udah sempat berlabuh sejenak dengan orang lain. Tapi aku lihat kuasa Allah sangat berperan di sini. Mereka dipertemukan kembali
Melihat perjalanan hingga akhirnya mereka yakin satu sama lain tentu bukan hal mudah.
Perjalanan pernikahan tentu akan lebih lama dari perjalanan kisah mencari jodoh.

So buat Ican & Shaski, barakallah...
Selamat saling mengenal dan mencari berkahnya Allah...

Erni Yunita Sari

@erniyunitasari

Saskia, gadis cantik yang selalu ceria, easy going, peduli sama orang-orang di sekitarnya, idola PM 8. Kayaknya bukan cuma idola PM, orang-orang yang kenal dia pasti suka dan mengidolakannya. Dia sosok yang selalu menyenangkan. Bawaannya selalu positif muluuu. Motherable banget buat anak-anak.

Ican, Ketua Angkatan PM 8 ini punya leadership yang oke, buktinya kepilih jadi ketua angkatan. Kerjaan selalu beres, nggak suka nyusahin orang, produktif banget, rapi kalo packing-packing, dan imam yang baik. Meskipun kadang agak rese ✌.

Gimana kalo Saski dan Ican berkolaborasi? Kayaknya bakal jadi pasangan Hits. Pas banget. Akan jadi kolaborasi yang hidup menghidupi, bukan cuma melengkapi.

Selamat menggenap Ican Saski.
Selamat saling menghebatkan satu sama lain, membuat generasi hebat bersama. Bahagia selamanya.

Rizki Januar

@riz.januar

Selamaat, Ican dan Shaski! Yang udah didapat dengan perjuangan jangan disia-siakan, yang udah dipersatukan jangan dipisahkan lagi :).

Streaming malam pertama ditunggu di web yaa.

A. Hadian Pratama Hamzah

@didihardi2326

Dua pribadi yang saya kenal baik..
Saskia wanita shalehah yg tulus dan periang..
Ican pria shaleh yang visioner dan baik hati..
Semoga menyatunya mereka karena Allah S.W.T akan bermanfaat buat lebih banyak orang.
Selamat berkeluarga, semoga Allah merahmati kalian..
Berkah yaa pernikahannya #IcKi" 24/03/2018

Dari Abang Jakarta yang masih mencari Nonenya

Asep Ismail

@iniasep_

Ican dan Shaski
Jodoh positif yang perjuanganya ngga main-main.
Karena satu penempatan pas di Kahul dulu, jadilah kami teman-temannya jadi pendengar yang baik dari curhatan Ican. Perjuangan Ican yang super bikin merinding kalo dia lagi cerita, sampe akhirnya alhamdulillah akan dipersatukan ya pak. :)

Inget pak, perjuangan lu baru dimulai. Abis nikah dan jadi keluarga, bakalan lebih butuh perjuangan yang ngga main-main.
Sakinah mawaddah wa Rahmah ila Jannah ya pak.

Silvester Indra Umbara

@bara091

Patricia

@patriciafiesta

Shaski & Ican:
Udah kayak nonton telenovela atau sinetron SCTV.
Lebih booming pasti dari AADC, Eiffel I’m in love, ataupun Dilan kalo difilmin.

Semua tepat dan indah pada waktunya.
Sesabar Ican nungguin jawaban iya dari Shaski 3 tahun kemudian (semoga bener) dan sesabar Shaski menjalani prioritasnya.

Barakallah dan Bahagia dunia akhirat ya kalian berdua, semua orang menanti ending cerita cinta kalian sih pasti. Udah kaya sunset – “happy ending”

Ajeng Septiana

@ajengseptiana

Shaski adalah teman tidurku ketika berada di Camp Pelatihan Pengajar Muda. Berada di dekatnya membuat aku mengenal sosok tangguh namun juga lembut bak bidadari. Dua bulan dipaksa bersama dalam satu kelompok dan ada di sebelahnya tiap malam membuatku mengetahui beberapa kisah hidupnya.
Ican adalah salah satu abang dan sahabat terbaik yg ku dapat, oleh oleh dari Camp Pengajar Muda. Salah satu teman tidur di kelas. Eits, kalau Shaski beneran tidur sebelahan sama aku di malam hari, kalau Ican sama-sama tidur pas sesi di kelas sambil cabut-cabutin bulu tangannya hahaa.

Masih ingat banget dulu Ican bergalau-galau padaku, dan mungkin ke beberapa teman lainnya, tentang Shaski. Dari kursi di tempat makan tenda biru, curhat-curhat colongan di kelas-kelas pelatihan, dan yg paling epic kuingat adalah curhat panjang di ayunan Gayatri (ingat gak, Can?). Dan waktu itu, Shaski yg baik hati tidak memberikan respon negatif pada Ican, yg masih dengan sabar membina hubungan baik, walaupun tau kalau Ican punya maksud terselubung.
Dan kemudian aku mendengar berpuluh kisah jatuh bangun dari mereka. Sampai pada tahap masing-masing dari Ican dan Shaski mencoba peruntungan baru, karir baru, pengalaman baru, dan mungkin mencoba membuka hati juga untuk yg baru.
Sampai pada suatu malam ketika aku berjumpa dengan Ican dan beberapa teman lainnya, Ican memberikan kode untuk bercerita. Dan malam itu, di pinggiran bilangan Semanggi, aku melihat Shaskia mengenakan cincin yang diberikan oleh Ican yang baru saja kembali dari Kalimantan dalam sebuah foto.
Sungguh, aku terharu melihatnya. Maka aku meyakini bahwa hubungan kalian benar-benar perwujudan dari usaha dan doa tidak akan ingkar janji.

Usaha keras Ican yang gigih dan pantang menyerah untuk meluluhkan hati Shaski berbuah manis. Bahwa ternyata memang benar, Allah telah menyiapkan jodoh terbaik untuk kita, di waktu yg tepat. Dan lihatlah kalian berdua sekarang telah tiba di waktu yang tepat, sedang bersiap menjemput takdir bahagia berdua, di saat kalian benar-benar ikhlas dan telah siap.
Aku bahagia buat kalian, Ican dan Shaski. Berjanjilah berjalan bersama dan bergandeng tanganlah selalu dalam suka dan duka. Walau nanti tak selalu mudah, tapi dengan memiliki satu sama lain, setidaknya semuanya jadi lebih indah.

Peluk !

Senza Arsendy

@senzarsendy

Ican dan Shaski,
Setelah hampir empat tahun masa-masa perjuangan Ican mendapatkan Shaski, akhirnya perjuangan itu membuahkan hasil juga. Inget banget cerita awal soal kalian di pelatihan Calon Pengajar Muda, berlanjut sampai di penempatan, lalu juga pas kerja di Kemendikbud. Ceritanya melulu tentang kisah asmara Ican dengan Shaski yang maju-mundur dan penuh tarik-ulur. Enggak terhitung kayanya cerita bolak-balik Ican jika Shaski sedang ‘menggantung’.

Meskipun banyak jatuh-bangunnya, keyakinan dan kegigihan Ican kayanya enggak kurang-kurang. Maka, enggak heran jika beberapa waktu lalu akhirnya Ican mengumumkan jika Ican-Shaski akan menikah. Senang banget akhirnya bisa mendengar kabar itu.

Semoga pernikahan kalian penuh berkah & menyenangkan untuk kalian, anak-anak, dan keluarga! Terima kasih atas pelajaran tentang keyakinan dan kegigihannya. Memang yang yakin dan gigih, akhirnya bisa mencapai hasil. Sehat terus menjelang hari H, Ican & Shaski!

Virly Yuriken

@ilyuri

Kata gw buat ShaskIcan

Gw ga ngebayangin rasanya bisa bilang, "all this time, you just around the corner". Setelah 4 tahun berjalan, padahal kalian ya di situ-situ aja.

Semoga setelah ini bisa kemana-mana dan bersama-sama. Ikut berbahagia, menyaksikan kalian menemukan satu sama lain dan memutuskan untuk mengikat kebersamaan segera dan selamanya. Semoga bisa terus menginsipirasi sekitar bersama-sama.

Selamat, semoga lancar dan penuh cinta hingga akhir zaman.

Febe Amelia

@febeamelia

Gue kenal sama Shaskia Ican waktu sama-sama lolos seleksi Indonesia Mengajar tahun 2014 lalu. Kami karantina bareng selama dua bulanan buat persiapan diberangkatan.

Shaski itu dari awal ketemu punya positive first impression yang long lasting. Manis, cantik, humble, baik hati, lembut, solehah. Aduh, pria mana sih yang nggak akan jatuh hati?

Nah, sementara itu, si Ican sendiri juga punya karakter yang oke yang membuat dia akhirnya dijadikan sebagai Ketua Angkatan Pengajar Muda angkatan VIII. Tipikal ketua angkatanlah, orangnya suka ditumbalin. Loh? Bukan deng, dia orangnya asik, bisa merangkul semua orang, humble, peduli isu sosial (isu sosial aja dipeduliin, gimana kawan? lebih lagi pastinya). Nggak heran jadi ketua angkatan.

Dari sejak karantina, udah kedengeran dan keliatan gimana Ican ngedeketin Shaski (dan nggak cuma Ican doang sebenarnya, saking Shaskia itu kembang karantina PM VIII). Tapi, emang nggak jadi-jadi. Pas di penempatan tahun 2014-2015, juga sempet kedenger kabar proses pedekate itu masih berlangsung tapi sempet ilang juga. Balik dari penempatan pertengahan 2015, proses pendekatan itu sempet muncul lagi, tapi terus nggak berapa lama surut juga. Dan, selama 2015 sampai awal 2018 nggak kedengeran kabar apa-apa (mungkin ada, tapi guenya yang gak tau haha).

Eeeeeeeh, tiba-tiba Ican nge-WA gue, nanyain sibuk nggak? Gue gak ada firasat apa-apa, ternyata ngirim undangan kawinan!!! Pas gue baca, Shaski yang jadi calon pengantin perempuannya! Kebayang nggak sih, betapa gemesnya gue! Emang jodoh nggak kemana ya, cuma kadang muter-muter aja dulu sebelum ketemu lagi. Gue percaya sih muter-muternya itu bukannya tanpa alasan. Itu adalah proses di mana kedua calon sedang dipersiapkan lebih matang untuk memasuki fase kehidupan rumah tangga dengan mantap!

Semoga lancar-lancar ya persiapannya menuju hari-H, dan semoga lancar-lancar juga kehidupan pernikahannya! :)

Semoga Ican bisa jadi imam dan pemimpin keluarga yang baik, dan semoga Shaski juga bisa jadi istri yang baik buat Ican. Tuhan memberkati kalian berdua dan rumah tangga yang dibangun kelak!

Turut berbahagia (beneran bahagia, plus terharu).

Akhirnya ada juga pasangan galur murni di PM angkatan VIII! HAHAHAHAHA! Selamat ya buat kalian! Gemes deh!

Ryanda Adiguna

@radiguna

Selamat Bersanding di Pelaminan, Ican dan Shaski.
Akhirnya meme “Semoga Orang tuamu bisa jadi besan orang tuaku” kesampaian juga ya 😂
Seperti lirik lagunya D’Masiv yang dimodifikasi. “Bukan aku yang mencarimu, bukan kamu yang mencari aku. Camp PM VIII yang pertemukan kita. Dua penempatan yang berbeda ini”.
Semoga pertemuan kalian langgeng dan semoga hanya Malaikat Izrail (Maut) yang akan memisahkan.
Selamat menikmati tidur yang gak sendirian lagi yaaa ☺

Kurnia Widyastuti

@nianaia17

Menikmati rangkaian cerita ican-shaski layaknya hukum ketiga Newton tentang besaran hasil yang setara dengan reaksi yang diberikan.
24 Maret nanti akan menjadi hasil dari aksi perjuangan Ican melalui segala usahanya, juga pengorbanan doa dan permintaan hati Shaski di balik sujud panjang dan haru tangisnya.
Semangat menggenapi usaha aksi di episode selanjutnya ya! Insha Allaah balasan manis atas kebaikan hati dua insan yang disatukan karena ridha-Nya akan menghasilkan reaksi yang luar biasa impactnya 😄. Jangan lupa untuk mengambil jeda sejenak menikmati syukur mendalam atas apa-apa yang hadir sampai di detik ini 😉

Shofa Dzakiah

@shofadzakiah

Barakallahu lakuma wa baraka 'alaikuma wa jama'a bainakuma fii khair.
Alhamdulillah! Seneng banget dapat kabar Shaski-Ican akan menikah. Selamat yaaa Can, perjuangan panjang akhirnya berbuah manis. Selamat yaaa Shas, akhirnya bisa menjatuhkan pilihan pada orang yang (insya Allah) tepat. Happy for you both! Semoga kalian senantiasa dilimpahkan keberkahan dan selalu disibukkan oleh kebaikan.

Selamat sekali lagi yaaaa ShaskIcan!

Rahmat Danu Andika

@rdandika

Shaski dan Ican.

Dua orang dipertemukan Tuhan dengan cara yg unik, cara yang baik.
Keduanya periang, penyayang, dan saya bersaksi, berhati baik. InshaAllah.
Semoga dua pribadi ini menjadi gabungan yang saling melengkapi.
Semoga jalan mereka dilancarkan dan menjadi manfaat berlipat ganda bagi lingkungannya, bagi Indonesia mereka.

Selamat, Shas, Can! :)

Haiva Muzdaliva

@haivamuzdaliva

Caaaaaan!
Karena usaha tidak akan mengkhianati hasil yaaaa
Karena apa yang sudah tertulis di Lauhul Mahfudz memang sudah menjadi ketentuan-Nya
Dari segala doa yang dipanjatkan, segala usaha yang dilalui akhirnya menemukan titiknya

Selamat memulai perjalanan baruuu, semoga membawa kebahagian dan berkah tak terhingga ☺☺☺

Izzatul Muhallilin

@muhallilin

Saya mengingat kembali masa sekitar 4 tahun lalu, hari terakhir saya di desa Semalah yang juga hari pertama Ican menginjakkan kaki di sana, desa di tengah Danau Sentarum. Di tengah acara malam pisah sambut dengan warga, saya buru-buru pulang karena belum merapikan banyak barang. Ican ikut pulang bersama saya tapi bukan untuk membantu saya beres-beres, tapi malah cerita tentang seorang gadis yang dianggapnya 'sempurna'. Saya masih ingat betapa antusiasnya dia menceritakan sosok ini, mengagumi seolah dia adalah ciptaan paling indah yang pernah ada, suaranya lebih semangat dari suara genset saat pamer menunjukkan foto gadis itu (waktu itu Ican cerita sampek jam 2 subuh, udah pingin ngusir sebenarnya hehe).
Foto gadis yang saya tau namanya adalah Shaskia, yang ketika saya melihatnya saya paham kenapa tingkah Ican bisa sampai segitunya. Shaskia yang diakuinya sebagai 'calon' di depan warga desa dan anak-anak sembari meminta doa. Doa yang spesifik menyebutkan sosok, nama yang diimpikan. Dan akhirnya... Doa spesifik yang diiringi perjuangan terkabul. Nyata! Bukan hoax ataupun rekayasa..
Kamu emang pantas nikah duluan can... Bukan karena kamu lebih tua, tapi karena kuatnya ikhtiar dan doa yang kamu lakukan (pengertian kan aku? :D).

Selamat menempuh episode hidup baru Ican dan Shaski..
Semoga kebaikan dan keberkahan selalu mengiringi kalian berdua..

Hermawan Febri

@hermawanfebri

Ikan belida, ikan toman
Saja nyaman digawai temet
Enci Shaskia, Uju Ican
Kak nikah di bulan Maret

Barakallah, ya!

Uju Ican, abang gue yang paling rame dan banyak ide. Berasa punya abang kandung semenjak Juni 2015. Doi yang bantu gue cari induk semang saat tugas di Danau Sentarum. Doi yang nengokin murid kita saat lomba di Jakarta. Doi yang galang dana utk kurban di Semalah. Doi yang ngusahain dpt terepong dari Kopernik. Doi yang bbrp kali nitip oleh2 utk warga Semalah. Ah, gak akan habis ngomongin doi. Intinya, gue bangga Bang kenal lo. Selalu energik dan murah senyum ya. Kapan2 kita jalan2 ke Danau Sentarum bersama pasangan masing2, ya! Oh ya, gue masih ada utang ya, utang kirim madu dari Umak Apak Nuan. Hahaha.

Semoga makin sukses baik karir maupun rumah tangganya bersama Enci Shaskia. Enciiiiii, nanti ngobrol langsung ya di dunia nyata. Setelah sekian lama cuma ngobrol di dunia maya. Hahaha. 😍

Syamrotun Fuadiyah Kamil

@fuadiyah

“Kita kondangan bareng yuk ke Ican Shaski,” ajak Shofa di group telegram.

Wait, whaat?!
Yaaaay!

Pertama, kaget. Banget! Kapan mereka jadian? Apa yang terjadi? Apa yang terjadi?

Kedua, entah kenapa gue seneng banget! Tapi yakin deh, pasti tetep lebih happy si calon mempelai ;) Seneng lah, siapa si yang nggak seneng tahu teman kita bisa mendapatkan apa yang diharapkan dan didoakan selalu.

Sebenernya gue nggak pernah banget ngobrol dalem sama pasangan ini. Tapi, semua orang bisa tahulah gimana Ican begitu yakin ketika dia bilang, “Doakan ya Mbak Di!” dengan tawa khasnya dan matanya berbinar pasti ketika kapaaaan kali sempet gue goda-godain. Yas Can, bahkan gue pun mengira lu udah menyerah dan mungkin akan menikahi peri lain siapa kek gitu. Hehee… saking udah lamanyaaa. Pun Shaski, bahkan kayaknya gue nggak pernah ngobrol serius masalah perpasanganan. Kecuali duluuuuu bangeeet jaman awal-awal kenal. Mungkin kesempatan buat bareng sama Shaski bisa aja bukan buat Ican.

Dan, ternyata!

Hal-hal itulah yang bikin gue seneng banget.
Siapalah gue manusia biasa dan teman yang jarang bertemu dan cuma bisa menebak, mengamati, nyaring-nyaring sendiri kalau saling bertukar kabar sama temen-temen lain. Siapalah kita bisa menduga-duga sendiri siapa akan berakhir berpasangan dengan siapa? Gue pengen bilang kalau rencana Tuhan pastilah yang paling indah, tapi biar terma itu jadi milik Hairul aja. He he he…

Gue jadi ngerasa aja si, emang bener kita harus selalu percaya dan selalu benar-benar mendoakan ketika teman-teman kita dan atau siapapun bercerita ke kita tentang segala harapan yang mereka punya. Bisa saja doa-doa kita yang diaminin malaikat dan semesta menyatukan doa dari lebih banyak orang. InsyaAllah, harapan-harapan itu jadi nyata. Nggak hari ini, nggak nanti sore, nggak besok, nggak minggu depan, nggak tahun depan banget si emang. Tapi mungkin 2 tahun lagi, empat tahun lagi, 10 tahun lagi.

Terakhir, yas! InsyaAllah gue datang ke nikahan kalian bareng Shofa, Momo, dan lain-lain… dan juga ketemu temen-temen PM8.

Untuk Shaskia dan Ican, semoga perjalanan kalian selalu penuh dengan cinta dan tawa ❤

Maridha Normawati



Ican dan Shaski? Waaahh senang sekali dapat undangan dan kabar mereka akan menikah.
Tahun 2014, kami semua dipertemukan di Camp Pelatihan Calon Pengajar Muda. Di sanalah sudah terlihat Ican begitu tertarik pada Shaski. Dari kesungguhan upaya Ican saya melihat bahwa orang ini akan berjuang mendapatkan cinta Shaski. Saya yakin.
Tahun 2016, ketika Ican dan Febe datang ke RS Harapan Kita untuk menemani saya saat masa kritis Bapak, Ican sempat bercerita bahwa dia seperti ingin menyerah saja. Lama tidak terdengar kabarnya, saya sempat melihat foto-foto Ican ke Kalbar, saya menebak wah mungkin Ican menemui Shaski ke Landak, tempat Shaski bertugas. Wow rupanya perjuangannya masih belum berhenti.
Lalu selanjutnya beberapa foto Shaski dan Ican menghadiri teman-teman kami yang menikah membuat saya menebak mungkin mereka kembali menjadi dekat.
Dari Ican saya belajar apa itu persisten. Kini di tahun 2018, perjuangan Ican akhirnya berbuah manis. Tepuk Salut buat Ican!

Shaski memang layak diperjuangkan, dara manis dengan lesung pipit menawan hati ini memang selalu membuat orang-orang di sekitarnya merasa senang. Kebaikan dan kesopanannya membuat semua orang merasa senang berada di dekatnya. Shaski juga sosok yang tangguh dan selalu ceria. Shaski pernah bercerita tentang bekas luka jatuhnya ketika saya berkunjung ke Landak. Saya tahu perjuangannya di Kalbar tidak mudah. Saya salut dengan usahanya untuk pendidikan setelah berbagi di Sangihe, Shaski melanjutkan mendampingi masyarakat di Landak. Ibu peri baik hati ini memang spesial.
Ican dan Shaski selamat ya! Terharu lihat cerita cinta kalian berdua. Selamat berjuang menggenap bersama. Semoga Allah memberkahi pernikahan kalian. Sakinah, mawaddah, warahmah!
Barakallahu laka wa baraka ‘alaika wa jama’a bainakuma fii khair. 😊🙏🏻

Hanif Azhar

@la_hanza

Many people think of perfectionism as striving to be their best, but it is not about self-improvement; it's about earning approval and acceptance.
I see that effort from the beginning, since 4 years ago in the camp of Pengajar Muda VIII!

Ican, you deserve Shaski's pure love!
Happy Wedding!
I'm a proud friend!

Laras Wahyu

@laraswahyus

Hampir setengah tahun yang lalu, Hairul bilang butuh tumpangan beberapa hari di Surabaya. Dia bilang, Shaski juga mau ikut menginap.

Siang itu, gw anter Hairul ke terminal. Shaski datang dari Kalimantan, rencananya mereka akan langsung melanjutkan perjalanan ke Jember. Ga lama bus bandara yang mengangkut Shaski datang. Shaski muncul dari bus dengan topi biru (atau merah marun ya?) kesayangannya dan ransel di punggungnya. Dia melompat turun dan memeluk gw erat. Senyumnya merekah super lebar, ga berubah, tetap cantik seperti biasa.

Wait, siapa itu di belakang Shaski? Kok kayanya gw kenal. Meskipun gw ga yakin karena ingatan Ikan Bandeng gw yang parah (gw pernah salaman sama sopir taksi gara-gara gw kira beliau adalah pemilik kontrakan). Itu Ican? Gw ga salah. Laki-laki itu menyapa gw dengan jabat tangan dan peluk hangat. 'Apa kabar?' katanya. Yang cuma bisa gw jawab dengan 'Ngapain lo di sini?'.

Sayangnya hari sudah sore, ga ada penjelasan lebih lanjut atas pertanyaan gw. Mereka harus melanjutkan perjalanan ke Jember. Hairul cuma bilang, 'Doain aja' ketika gw tanya 'Kenapa Ican di sini'. Dan 'Apa aja terserah lo' ketika gw tanya 'Apanya yang harus didoain?'. Dan mereka pun ninggalin gw ke Jember.

Dua hari kemudian, mereka kembali ke Surabaya dan tinggal di rumah gw. Kami jalan ke mall dan taman kota, karena Shaski mau lihat lampu. Di Kalimantan ga ada lampu, katanya. Gw paham. Ga ada keanehan malam itu. Aneh sih, Ican maksa gw ama Hairul untuk nemenin mereka nonton. FILM ALIEN!! WHICH ME AND HAIRUL HATE SO MUCH. Hairul bisikin, 'Udah, turutin aja'

Sampai besok paginya, gw ajak Hairul pergi buat cari sarapan. Dan pas gw pulang, Ican sama Shaski ga ada di rumah. Kata nyokap, mereka cari KUA. INI APA! KENAPA NYOKAP GW IKUTAN?

Dan bersamaan dengan mengalirnya air cucian piring, mengalirlah cerita itu dari mulut Hairul. Tentang bagaimana Ican yang sempat putus asa. Bagaimana Shaski yang memutuskan pergi ke luar pulau yang jauh. Bagaimana Ican menyimpan cincin yang pernah diberikan ke Shaski namun ditolaknya. Bagaimana Ican pergi ke Kalimantan dengan membawa cincin itu tanpa ekspektasi apapun karena dia tau Shaski sudah pernah menolak cincin itu dan bagaimana nama Ican-lah yang selalu muncul dalam doa-doa Shaski.

Siang itu, gw lihat Ican melantunkan ayat suci Al Quran sebelum menelpon orang tua Shaski. Allah adalah yang maha membolak-balikkan hati. Ada banyak hati yang luluh dalam pencarian kedua-nya. Mereka yang memutuskan untuk saling melayakkan diri sebelum dipersatukan oleh Allah dalam takdir-Nya.

Siang itu, gw berdoa dengan sangat serius, Ya Allah, berikanlah segala ridho-Mu bagi mereka berdua. Mereka yang menjaga hati-nya tetap kepada-Mu hingga takdir-Mu menyatukan mereka. Dan juga Ya Allah, jagalah mulut ini dari keinginan untuk berteriak...

'GILAAAAK... AKHIRNYA ICAN BERHASIIIIIL'

Dita Juwitasari

@djuwitasr

Meretas jarak, membuat jeda, berakhir cinta. Ican dan Shaski menuju halal

Ada satu tempat yang menyimpan kenangan untuk kami, untuk 75 orang Pengajar Muda Angkatan VIII.
Sebuah tempat yang katanya romantis karena menyandingkan senja dengan gemerlap lampu malam.
Banyak kisah yang bermula atau berakhir di sana.
Dan Ican salah satu yang memulai kisanya di sana 😊.

Saya ingat, sore itu menjelang senja Ican bilang "Dit, gw suka sama Shaski" .
Saya ndak terlalu kaget karena memang Shaski wanita yang lengkap. Berparas cantik, lesung pipit yang manis, dan berhati baik serta menyenangkan.
Hari hari di camp saat ngobrol sama Ican pasti ujung-ujungnya Shaski.
Semenjak pertama Ican bilang begitu, saya yakin nantinya Ican bakal bareng sama Shaski. Karena semenjak awal ada "keseriusan" yang saya lihat dari mata Ican.
Dan saya juga yakin, meski saingannya super banyak, Ketua Angkatan panutan kami ini tidak akan pernah menyerah sampai dia mendapatkan apa yang dia yakini.

Katanya akhirnya mereka menjadi dekat. Lalu saling menjauh dan melepaskan. Lalu katanya bertemu orang lain, tapi namanya jodoh akhirnya di pertemukan lagi.

Saya sangat yakin, dua duanya sama-sama berjuang. Bagaimana Ican membuktikan bahwa cinta bukan hanya kata-kata romantis, tapi dibuktikan dengan "perbuatan".
Bagaimana Shaski akhirnya memberi kesempatan pada Ican untuk menunjukkan keseriusan.
Hingga bukan hanya Shaski yang jatuh hati, tapi keluarga Shaski pun jatuh hati pada Ican.

Saya menjadi salah satu saksi, jika cinta harus diperjuangkan. Sepenuh hati, sekuat tenaga dan niat karena Allah. Sejauh sejauhnya kita melangkah, maka pasti akan bertemu juga.
Akhirnya setelah hampir empat tahun berlalu, kalian berdua akan menuju pelaminan yah.

Kabar baik yang bikin saya senyum-senyum sendiri. Allah mengabulkan banyak doa-doa baik dan semesta mendukung.
Selamat berlabuh. Semoga selalu bisa saling menyempurnakan ibadah pada Allah, selalu saling cinta dikala dekat, selalu saling percaya di kala jauh, saling menghibur dikala duka, saling mengingatkan dikala suka. Sakinah, Mawadah, Warohmah dan Istiqomah IcanShaski 🤗🤗

Siti Nurhilmi Nihayati

@utie_mimi

Teruntuk Muhammad Ihsan Nugraha & Shaskia Sinta Rialny

Ketika melihat nama kalian berdua tercantum dalam satu undangan sebagai mempelai pria & wanita, alangkah turut berbahagianya diriku.
Ican si Pak Ketua PM VIII yg luar biasa.
Shaski si nona cantik nan sholehah.
Akan jadi pasangan seperti apa kalian nanti? Tentunya pasangan yg istimewa & menginspirasi.

Tidak menyangka bahwa perjuangan Ican untuk mendapatkan jodohnya penuh liku.
Tapi, hasil tidak mengkhianati usaha bukan.
Usahamu yg luar biasa untuk meluluhkan hati Shaski ternyata dijawab sama Allah SWT.
Tinggal menunggu hari nih untuk membuat Shaski menjadi pasangan halal.

Selamat berbahagia ya Ican & Shaski.
Semoga Allah SWT senantiasa memberikan banyak berkah untuk kalian.
Selamat menyempurnakan separuh agama.

Salam kangen buat kalian dari Jogja
- Mimi –

Desi Yani Harahap

@desiyaniharahap

Mengenal kedua makhluk luar biasa ini tahun 2014 lalu. Di pojokan ruang kelas camp CPM 8, Vila Gayatri, aku ingat benar Ican menuturkan kegagumannya pada seorang wanita, tidak menggebu namun penuh hasrat, tidak harus memiliki namun penuh keyakinan, tidak perlu memaksa namun usaha terus. Dari saat perbincangan itu aku yakin ican akan meluluhkan hati shaski (suatu hari nanti).

Walaupun tidak menyaksikan langsung proses hingga bersatunya kedua insan fenomenal ini, namun aku yakin pasti kisahnya sangat membanggakan generasi penerus bangsa (eakkkk). Saat anak anak mereka menyadari memiliki orang tua yang hebat seperti shaski dan ican.

Walaupun kelak manisnya romansa tak semanis sebelum akad, namun yakinlah terus bersyukur dan ciptakan bahagia dengan tetap bersama apapun yang terjadi, semakin dekat kepada Sang Pencipta yang sudi mempersatukan shaski dan ican (Alhamdulillah). Intinya ciptakan Bahagia bersama ya Can Shas.

Dan akhir kata meski raga kita tidak langsung berjumpa, namun doa terbaik ibu dan ayah Dammar di Medan selalu untuk kalian (Aamiin).

Lancar hingga hari H, dan hari2 setelahnya, Bahagia selalu, selalu ingat bersyukur ya shaskiican.

Tennie Marlim

@tenniemarlim

"CAN, AKHIRNYAAAA!!!"

Gue yakin sih isi testimoni pernikahan lo pasti akan banyak kalimat ini. Hahaha. Rasanya gue udah ngga perlu menceritakan panjang lebar gimana perjuangan seorang Ican untuk mendapatkan Shaski.

Gue inget, ada masa-masa dimana lo suram banget dan gue pun sampai bilang "Udahlah Can, move on." Eeehhh dasar I-Can ya, makin digituin makin semangat. Tiba-tiba setahun kemudian, "Ten, Shaski udh mau nih. Tinggal keluarganya. Diem dulu ya, jangan cerita-cerita. Doain gue ya." Saat itu, gue rasanya ingin bertepuk tangan kenceng. Hahaha.

Selamat ya, Can! Gue bahagia akhirnya kisah lo yang udah kaya sinetron, panjang banget ngga habis-habis akhirnya berakhir indah. Eits, tapi perjalanan baru akan dimulai, kali ini ada tangan yang bisa digenggam, Can. Ahey! ;)

Selamat bertumbuh dalam cinta ya, Shaskie dan Ican! Terus tebarkan kebaikan dalam setiap kisah kalian. Peluk kalian berdua ❤

M Catur Saifudin

@mcatursaifudin

Sejak beberapa hari yang lalu social media Ican dan Shaski sedang dipenuhi dengan persiapan ke sebuah tahap kehidupan baru. Ican mulai pindah dari kosan yang sudah ditempatinya sejak 2 tahun yang lalu, Shaski sempat nostalgia karena berfikir mungkin ke depan tidak akan bisa sedekat seperti saat ini dengan adiknya.
Ya, sekitar 48 jam lagi, mereka akhirnyaaaaaaaa akan terikat dalam sebuah ikatan agung, yang dalam Al-Qur’an disebutkan sebagai “Mitsaqon Gholizho”, ikatan agung yang Allah SWT sematkan hanya pada manusia, termasuk muamalah pertama pasca Nabi Adam dan Hawa diciptakan sebelum urusan lain seperti hutang-piutang, jual beli, dan muamalah lain.
Karena begitu agungnya ikatan, jadi wajar kalau saat ini Ican dan Shaski sedang mempersiapkan banyak hal, terutama mental.
Ican tipe penengah di antara banyak kekuatan besar yang dominan, itu terbukti saat dia menjadi ketua angkatan diantara pemuda-pemudi dominan Pengajar Muda angkatan VIII. Shaski tipe perempuan yang penuh semangat dan penuh rasa kasih sayang. Saya rasa pasangan ini akan dapat saling menguatkan, saling transfer energi positif hingga ke jannahNya nanti, atau kalau kata rubah di buku Le Petit Prince, “Kamu bertanggung jawab penuh atas apa yang telah kamu jinakkan (telah saling membentuk ikatan)”.

Akhir kata, selamat akhirnyaaaaaaaaaa membentuk ikatan agung ya Pak Ican dan Bu Shaski, semoga Allah senantiasa menurunkan keberakahan di antara ikatan kalian.

Prawinda Anzari

@prawindaanzari

Karena gue kompetitif, gue suka sedih liat PM sesama angkatan jatuh cinta lalu menikah, tapi tidak dengan angkatan gue.
Eh eh eh.... ternyata ada juga PM 8 yang jadi 😉
Alhamdulillah yaaa nggak sia-sia 8 Minggu di Villa Gayatri.
Dan memang orang baik dapetnya orang baik juga.
Ican yang baik dan selalu senyum. Shaski yang lemah lembut bak Ibu Peri.
Ya ampun ga sabar liat senyuman kalian duet di pelaminan kyaaaaa (heboh sendiri).

Ican adalah bukti nyata kalau jodoh itu harus dikejar. Dan mengejar jodoh yang baik juga perjuangannya tidak semudah Dilan yang ngikutin Milea naik angkot.
Turut bahagia untuk kalian berdua. Setelah ini layar baru terbentang dan perahu yang dikemudikan oleh kalian berdua siap berlayar di lautan lepas. Semoga terus dimudahkan segala jalan hidup kalian ya

Love love love

Putri Yenni Maulidza

@pymaulidza

Selamat memulai hidup baru kak Shaski dan kak Ican...
Semua kesabaran dan doa yang ada selama ini semoga menjadi pembuka kebahagiaan kalian berdua dan untuk seterusnya...
Semoga dapat menjadi pasangan yang saling memahami, mendampingi, mengasihi, dan selalu ada untuk satu sama lainnya...
Semoga pernikahan kalian akan selalu dipenuhi dengan kebahagiaan, diiringi dengan senyuman, dan sekalipun dalam duka tetaplah berpegangan tangan dalam mencari solusi dan menyelesaikannya...
Hari ini aku berbahagia untuk kalian berdua, untuk pasangan yang selalu berbahagia...

Happy Wedding to my lovely sissy... 😙
You teach me a lot 😘

Vitri Dwi Martini

@vitridwimd

Shaski sama Ican itu kaya 99% + 1% yang kalau disatuin jadi 100% paket komplit original Indonesia a.k.a saling melengkapi. Hehehe..
Shaski dan Ican, semoga pernikahan dan rumah tangga kalian selalu diliputi keberkahan dan kebahagiaan dari Allah swt. yaa.. Aamiin..
Seneng banget akhirnya Shaski, sahabat terbaikku, menemukan 1% pelengkap hidupnya ❤ hihi..
Samawa selalu yaaa Shaski dan Icaan..
P.S. 99 dan 1 itu cuma angka kok, yang pasti kalian berdua udah paling cocok dan saling melengkapi 😍

Faidah Naila

@faidahnaila

Bersyukur bisa tahu meski mungkin hanya sepersekian cerita perjuangan kalian berdua. Aku belajar untuk tidak terburu-buru dalam memutuskan sesuatu. Menjalaninya sesuai kata hati, perlahan Tuhan yang akan mengarahkan ke mana hati harus menuju. Kalian contoh nyata itu.

Selamat berjuang berdua. Kalau nanti ada dinamika, jangan lupa sama perjuangan sebelum akhirnya bersama :)

Semoga sakinah sampai surga :)

Ajeng Tri Handini

@ajenkhandini

Kalau kenal Ican dan Shaski dan tahu bagaimana lika-liku hubungan mereka, suka geli sendiri ngebayanginnya.
Si Ican kalau ditanya "gimana Shaski?" "Yaa gitu deh, Jeng"
Kalau nanya ke Shaski "gimana Ican?" cuma dijawab dengan senyum-senyum ala Shaski.
Hahaha, duuh kalian niy ya, ngegemesin banget.

Tapi akhirnya ya, cinta dan perjuangan yang kalian lakuin bertemu di satu titik.
Walau titik ini bukan sebuah awal, namun juga bukanlah sebuah akhir.
Terus berjuang kalian!

Anyway, selamat yaa, adek-adek akuuh! semoga ridho-Nya ikut mengiringi niat baik kalian :)

Feny Mariantika

@fenymariantika

Awalnya tahu Ican bakal nikah itu dari Instagram kaka Ican, hepi banget dengernya, semacam dalam hati ngomong ya Allah akhirnya Ican dipertemukan 😂 Sampe ngejapri buat ngeledekin meski doi masih stay cool aja.
Pertemanan sama Ican awalnya lewat web KI sebagai admin-admin ketjeh. Tapi dari pertemanan yg biasa aja, udah tahu lah Ican kayak apa. Idolaaa banyak orang banget.

Jadi pas Ican kasih undangan pagi langsung meluncur ke web nikahannya daaaan terharu bangets sampe brebesmili baca perjuangan Ican lewat komentar di Kata Mereka. Ya Allah, barakallah yaa brother, semoga semakin dikuatkan, semakin berkah dan saling menjaga.

So happy for you Ican dan Mbak ❤

Meylin Chisilia

@meylinech

Muhammad Ihsan Nugraha, tukang web kebanggaan semua orang, lelaki Taurus yang baik hati, yang cuma beda 3 hari lahirnya sama gue *penting ya Can. Hahhaha.

Ahh can.
Terakhir ketemu bilangnya lagi sibuk kerja sama kuliah dan msh mencari pasangan hidup, tau2 sekarang ngechat ngirimin undangan. Pelangkah buat gue apa nih?
Dilihat dari beberapa testimoni yang lain, seperti nya perjuangan lo hingga akhirnya berujung ke tgl 24 maret nanti gak gampang ya, Can. Dan gue ikutan senyum senyum sendiri.
Benar adanya Tuhan selalu punya cara yang indah untuk membuat hambaNya selalu tersenyum, sama seperti kisah lo dan Shaski yang berujung manis.
Gue memang gak mengenal sosok seorang Shaski, tapi satu hal yang gue yakinin, pasti dia sosok wanita yang luar biasa banget yang bikin seorang Ican Ican klepek klepek.
Dan menurut gue, kalian berdua kolaborasi yang pas.
Bukankah kopi itu akan terasa pahit jika tak berkolaborasi dengan gula. Gula juga tak akan terasa nikmat jika tak bercampur dengan kopi. Maka pahit dan manis itu adalah karya alam yang sangat indah.

Finaaallyyy Icaaannn...
A sweet new chapter in your lives will begin. Congratulations on taking that first big step to forever. I wish that your hearts will always be full of love and happiness. When there are obstacles that must be overcome, may you always have each other’s guidance and support. When there are bills to pay, dishes to be washed, and kids to be fed, may you always have the other to boss around. LOL. Now two people can do a better job at married life than you guys, because you are fun, kind, loving, and patient.
I wish you a life of joy, love, and full of happiness in you marriage life. You deserve all the blessings that are coming your way. Congratulations and best wishes!
Don’t worry, because by this time next year, it will be your turn to wish me a happy married life! *AMEN.

Best wishes to a very loving couple.

Selvani Antoni

@eufselvani

Pertama kali mendengar Ican “mengejar” Shaski adalah ketika pelepasan PM bertugas setelah karantina. Ketika itu, sepertinya cinta masih bertepuk sebelah tangan.
Di suatu kesempatan berkumpul bersama beberapa teman 2 tahun lalu, salah satu topik yang dibahas adalah investasi. “Demi masa depan, kalau mau menikah minimal sudah punya modal”, begitu kata Ican. Dan ketika itu, saya tidak tahu kalau ternyata dia MASIH mengejar cinta yang sudah pernah hadir di hidupnya sejak menjadi PM.
Beberapa bulan lalu, tiba-tiba Ican mengirimkan pesan singkat yang isinya mengabarkan bahwa investasi jangka panjangnya bertambah sebagai tambahan modal menikah di Maret 2018. Yes, MENIKAH.
Dan, tak ada yang lebih mengejutkan dan membahagiakan ketika tahu yang akan dinikahi Ican adalah pujaan hati sejak PM.

Ican membuktikan bahwa niat baik, usaha dan komitmen membuahkan hasil. Bahwa masa depan perlu direncanakan.
Selamat memasuki perjalanan menuju “zone of the unknown” bersama Shaski. You only have each other, but that’s more than enough. Bahagia bersama sampai maut memisahkan ya.

Selamat Menikah! :D

Mandira Bienna Elmir

@diraelmir

Dear Ican, akhirnya cita-cita nikahin Shaski sejak 1928 tercapai sudah. Semangat menjalani hari-hari menjadi suami dari seorang yang kamu impikan sejak dahulu kala, Can!
Dear Shaski, ternyata buah perjalanan cinta kamu akhirnya ke Ican juga. Semangat menjadi istri yang warbiasah.
I love u both!

Atiek Puspa Fadhilah

@atiekpuspa

"Selamat buat Ihsan dan Shaski. Setidaknya sampai saat ini Ican sudah hidup sesuai dengan arti namanya -Ihsan-. Nama kau berat kali artinya can, karena nama Ihsan itu memang bagus banget, jadi disini gw panggil dengan nama Ihsan.

“’Wahai Rasulullah, apakah ihsan itu? ‘ Beliau menjawab, ‘Kamu menyembah Allah seakan-akan kamu melihat-Nya, maka jika kamu tidak melihat-Nya maka sesungguhnya Dia melihatmu.” (H.R. Muslim 102).[3] Ihsan dan Shaski sama-sama berproses untuk menerima satu sama lain. Ihsan yang bawaannya NGEGAS terus, berproses untuk lebih berserah meskipun sudah merencanakan dengan matang segala sesuatunya. Sedangkan, Shaski berproses untuk bisa percaya dengan keputusannya dan segala usaha yang dilakukan Ihsan-yang-GASPOL-terus itu.

Semoga segala drama yang terjadi selama ini menjadi pelajaran dan batu-batu pijak yang berharga buat kalian dalam menempuh pernikahan yang butuh lebih banyak perjuangan lagi. Semoga niatnya lurus untuk ibadah, insyaAllah segala kesulitan jadi nikmat, segala kebahagiaan jadi sumber syukur.

Semoga pernikahannya diliputi ketenangan (sakinah), cinta (mawaddah), dan kasih sayang (rahmah).

Akbar Raspati Rajasa

@akbar.rajasa

Alhamdulillah, yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba. Kawanku, Ican, akhirnya menikah. Dari dulu aku selalu berpikir sebenarnya apa yang kurang dari kawanku yang satu ini. Karena semenjak kukenal pada waktu kuliah dulu, dia selalu disenangi banyak orang, tapi untuk urusan asmara peruntungannya memang tidak terlalu baik.

Padahal dipikir-pikir, penampilannya rapi, orangnya juga cerdas & ulet. Mulai dari berjualan donat dan pulsa, menjual jasa pembuatan laman web (menggunakan CMS & Javascript yang jadi andalannya), sampai membuat buku pelajaran olahraga untuk siswa SD (yang setiap instruksi gerakannya diperagakan & dimodelkan sendiri olehnya). Semua itu dilakukannya tanpa mengorbankan kuliahnya yang selesai tepat waktu serta masih aktif mengikuti kegiatan - kegiatan di laboratorium dan organisasi.

Barakallah kawanku. Betapa kabar pernikahan ini sangat dinantikan. Selamat menempuh hidup baru untuk Ican dan Shaskia.

Salam gowes.

Mas Inyong KIAT Guru Nasional



Teruntuk Shaskia dan Ican...
Shaskia dalam pandanganku: Sholikhah, Humoris, Amanah, Supel, Keibuan, Istiqomah (SHASKI)

Ketahuilah… Shaski...
“Jika seseorang menikah, maka ia telah menyempurnakan separuh agamanya. Karenanya, bertakwalah pada Allah pada separuh yang lainnya.” (HR. Al Baihaqi)
Subhanallah...
Teruntuk Shaski & Ican, Semoga karunia dan berkah selalu menyelimuti kalian dalam keimanan dan ketaqwaan serta kecintaan kepada Allah SWT.

Mas Hari KIAT Guru



Pesan Aq buat kalian, sebagai teman dan sama-sama pasangan muda yang baru manjalin rumah tangga, banyak orang yang bilang, setelah nikah itu katanya nggak enak, tapi keyataannya sebenarnya ENAK BANGET 🤣🤣
Selalu menjadi pasangan penuh cinta dan penuh kasih.
Jangan ikut2an berat, yang berat biar Dilan aja 🤣🤣🤣
Pagi2 dikirim'i undangan sama Shaski, yang jelas gangguin orang tidur, Kaget! (kerena dikira cuma mimpi) dan yang pasti, PATAH HATIIIIII 💔

#HARI PATAH HATI NASIONAL

Erika Agustine

@eagustine

Ican ini jujur a very impressive fellow. Anaknya nyantai, ga neko2, very caring sama team, kerjaan beres, masih sempet kuliah and berprestasi di luar sana lagi. Really enjoyed working with Ican soalnya dia itu very solution driven (cieh), kreatif, agile, anak startup banget deh pokoknya! And skrg nambah prestasi hidup ya Can... dapet istri! Mudah2an secepatnya nambah Ican Shaskia Jr. juga ya ;)

Again congrats and semoga semuanya lancar, mulai dari persiapan, Hari-H dan hari-hari selanjutnya. Wedding is just an event but Marriage is a life time journey, so invest to prepare yourself for marriage life ya. Marriage itu ibarat kopi susu, no longer 2 different ingredients tapi kalo udah dimix rata dan jadi satu, rasanya manis :)

Wishing you and Shaskia a beautiful, joyful, love-filled and fruitful marriage life!

Deo Nathaniel

@deonathaniel

Wah ini Ican emang diam-diam mematikan hahaha.. Gw kira selama ini lu cuma kerja sama kuliah doang can hidupnya, ternyata bukan cuma itu. Emang luar biasa temen gw satu ini, paket lengkap, pinter, ganteng, pekerja keras, dan juga penyayang.

Semoga Shaskia dan Ican bahagia sebelum, selagi dan sesudah pernikahan ya. Inget pulang rumah can, istri nungguin nanti, slack merchant-tribe matiin dah malem-malem hahahaha

Wishing you guys a lovable, fruitful, and long lasting marriage!

ps: Jangan lupa bawa badut Toped buat memeriahkan hari H, dijamin tidak mengecewakan :)

Vienda Fahmy Fadilla

@viendafadilla

Halo Ican dan Shaskia!

Pertama selamat atas pertunangannya (udah lama banget ya wk) dan langkah besarnya menuju halal dan kebaikannya! Semoga lancar tidak hanya sampe tanggal 24 Maret tapi seterusnya! Amiiin.
Wah, jujur kaget (kaget yang positif loh!) sih tiba-tiba liat anak-anak rame bahas IG story nya Ican yang baru saja melamar Shaskia.
Kenapa?

Karena Ican kalo di kantor pasti ngomonginnya kerjaan atau gak kuliah🤣🤣🤣

Tapi ya itu, kalo gue sendiri lihat Ican itu sebagai orang yang dedikasinya tinggi banget, in this case ya yang kelihatan sehari-hari adalah di pekerjaan dan kuliahnya. Kagetnya itu waktu tiba-tiba udah mau lamaran dan abis itu Maret nikah. It’s like:
“Wow, kok bisa? Perasaan tiap hari kerja ampe malem, kuliah, terus tahu-tahu udah beres-beresin nikah aja?? Kapan ngerjainnya ini si Ican??”
Like that😂

Tapi seriously, above all, finding a man who is very supportive towards his partner’s dream is very rare these days (personal experience here!). I don’t know much, but by the fact that he’s not stopping you from doing what you love (teaching, staying so far from him) is already a proof!

Semoga kedepannya Ican tetep bisa menjadi sosok suami yang tidak hanya suportif, tapi juga bisa membawa istrinya selalu ke jalan yang baik. Tetap selalu jadi pribadi yang gigih dan tidak mudah menyerah, karena akan makin banyak yang jadi tanggung jawab Ican (di kantor aja ada 30++ orang loh wkwk mohon kami tetap diurus juga ya pak).

Semoga lancar persiapan hari-H and may you have a happy marriage ahead!

Cheers,
Vienda
Yang mejanya di sebelah Ican di kantor.

Vincent Tjendra

@vtjendra

Mantap Ican!

Selamat juga untuk Shaskia dan keluarga. Ican buat kita adalah sosok yang selalu positif dan selalu bisa menjalin hubungan yang baik dengan semua. Tentu dia juga ga macem-macem dan melirik-lirik yang lainnya, dia tetap fokus getol hanya ke Shaskia haha.
Dengan mottonya "I can!" pasti bisa membuat bahagia Shaskia dan keluarga besarnya kedepan, dan semoga lebih cepat lagi bisa mengucapkan "We can!" dengan istri dan segera dikaruniakan anak-anak yang sehat dan lucu.
Congratulations again Ican dan Shaskia, many happy wishes for both of you and families!

M Faisal Arif

@m.faisalarif

Ican & Shaskia. Congrats bro, semoga sakinah, mawaddah, warahmah.
Diem diem punya pacar, diem diem mau nikah aja. Berapa cewek di kantor udah di php-in can? haha
Emang mantep gadun satu ini, kuliah buat hobi, juragan bitcoin, dan property hunter. Makin gadun dan bersahaja ya bro.

Nada Fathia

@nadafathia

Kak ican itu salah satu orang yg bertanggung jawab, 'ngemong' tim nya, dan rajin beribadah. InsyaAllah bisa jadi pemimpin yg baik saat berkeluarga nanti bersama teh Shaskia. Semoga dijadikan keluarga yg sakinah mawaddah warahmah Aamiin
Lancar-lancar Kak Icaan
Semoga sehat selaluu

Mieke Christiani

@miekeang

Akhirnya ya Can apa yang sudah diperjuangkan membuahkan hasil juga:).
Congrats ya untuk Ican dan Shaskia, semoga menjadi keluarga yang membawa berkah buat banyak orang dan menghasilkan generasi-generasi hebat untuk Indonesia.
Ican adalah sosok yang sangat humble dan caring buat orang2 di sekelilingnya, dari pasangan ini gw belajar kalo banyak hal yang masih bisa diperjuangkan buat generasi muda di Indonesia, terutama di bidang pendidikan.
Melihat usaha dan kerja keras lo sampe saat ini Can, gw percaya bahwa lo bakal bisa jadi suami dan ayah terbaik buat ur little family. Sekali lagi, congratulations and best luck for your wedding preparation yah.

Karina Arifiani

@karinaarifiani

Teruntuk Ican dan Shaskia, selamat yaaaa!! Walaupun gue ga kenal Shaskia, tapi dari cara Ican cerita dan binar-binar matanya tiap bahas pernikahan sih cukup menjelaskan kayaknya Shaskia ini emang teman hidup dambaan Ican haha ya nggak, Can?
Dari awal kenal sama Ican sih anaknya supel banget macem kenal semua orang, mungkin dari 10 orang bisa 7 orang kenal sama dia haha.. Orangnya juga semangat setiap saat, happy mulu perasaan Can ga pernah cemberut haha, apalagi kalo lagi berbagi buah.
Yang jelas, semoga kalian berdua bisa saling melengkapi dan bisa jadi penyemangat satu sama lain untuk terus jadi pribadi yang lebih baik. Bahagia sampai akhir hayat dan dikaruniai anak-anak yang berguna untuk keluarga, bangsa, dan agama :)

Lucky Olivia

@luckyolivee

Icaaann congratulations ya! Tanpa basa basi tiba2 nyebar undangan bikin kaget. Sempurna banget emang idola gue, gesit mencari uang, rajin menimba ilmu, tp ga lupa mengusahakan jodoh.
Semoga segala persiapannya dimudahkan dan pernikahannya diberikan lebih dari yang diharapkan. Happy for you both!

Congrats Ican & Shaski!

Alexander

@stcaptainalex

Tuhan menciptakan manusia berpasang2an dan Tuhan telah mempertemukan kalian pada saat yang tepat.

Selamat untuk Ican & Shaskia yang akan menempuh gerbang kehidupan yang baru.
Tantangan di depan sudah menunggu, tetapi saya percaya Ican yang seorang sosok imam & pemimpin, didampingi Shaskia seorang wanita hebat di sampingnya, apapun itu pasti bisa dilalui.

Wawan Setiawan

@aawans

Maha besar nikmat Allah buat Ican
Ungkapan yang terucap saat saya dengan kabar dari Ican
Hari gini saat sulit2 nya cari jodoh positif apalagi nikah ( setidaknya buat saya hahahahaha)
Akhirnya Ican mantap meminang wanita idamannya, Shaski
Meski saya belum pernah bertemu beliau secara langsung
Mestilah Shaski adalah sosok yang sama luar biasanya seperti Ican
Anak yang punya prioritas lebih tinggi buat keluarga, teman dan masyarakat
Daripada dirinya sendiri

Ingat waktu masih sama-sama di Ruma, Ican ini orangnya sangat aktif
Hobinya nyenengin orang dan bangun culture yang fun
Semua orang suka sama sosok Ican
Ada acara, pasti ada Ican yang bikin suasana rame
Nanya bikin web ke Ican, nanya organisasi2an ke Ican, nanya apapun ke Ican, cuma nanya keluh kesah asmara aja yang gak ke Ican karena waktu itu doi belum pengalaman

Nikahmu dengan Shaski semoga jadi pembuka pintu-pintu pahala yang lebih besar
Untuk mengharapkan ridho Allah dan surga-Nya
Gema doa dari orang yang mengasihi kalian mengiringi lembaran hidup baru
Rumah tangga yang sakinah mawaddah warohmah
Akur saling pikaasih pikanyaah
Hingga akhir hayat
Amin ya Allah ya Rabbal alamiin

Randy Setiawan

@randy_yang_

Congrats buat ko Ican dan mbak Shaskia :D

Selama kuliah S2, dari semester 1 sampe 3 sekelas terus sama koko yang satu ini. Tiap ada tugas kelompok juga selalu bareng sama koko yang satu ini. Suka duka kehidupan S2 mulai dari dikejar deadline, diskusi dan pusing bareng2, sampe ketiduran di kelas gara2 kecapean kerja dan kuliah semuanya sudah saya rasakan bersama koko yang satu ini. Satu hal yang pasti, kalo ga ada koko yang satu ini di kelas, kelas agak beda rasanya. Hening dan jadi biasa aja, tapi dengan jiwa yang humoris dan gampang bergaul, ko Ican bener2 bisa ngebuat kelas dan kerja kelompok jadi lebih hidup. Saya pun yakin, kehidupan berkeluarga yang baru yang akan ko Ican lalui pun akan bisa dibuat sama seperti di kelas :D

Ko Ican sendiri menurut saya merupakan sosok yang cocok bnget menjadi seorang leader, dengan ide-ide kreatif ditambah otak desain nya yang bener keren. Ga cuman itu, gaya presentasinya yang tanpa persiapan pun bisa dibuat menjadi keren dan sukses gara2 dia. Bener2 sosok yang menjadi panutan saya hingga saat ini. Mbak shaskia must be really lucky to have this one of a kind guy :D

Sekali lagi congrats buat ko Ican dan mbak Shaskia. May this new start, bring all the joy and happiness in your life. May you always stay in love with each other. Dengan adanya sosok yang bisa saling membantu dan terus mensupport, semoga ko Ican dan mbak Shaskia bisa semakin sukses ke depannya. GOD bless :D

Dadang Kusuma WIra Saputra

@dekawiras

Bias
Serasa harus menemui banyak hal
Sementara pertemuan itu sedikit yang mengalaminya
Bisakah kita tidak khawatir
Tentang rasa yang tak terungkapkan
Sedang dedaunan yang saban hari dihempas angin, masih menahan hujan dengan dingin
(Cinta itu tak berlidah, di lubuk hati suci ia bersemayam, melahirkan kesetiaan, kepercayaan dan penantian-penantian gelisah)

@dekawiras
Semoga Enci dan Ican selalu sakinah sidiq mawaddah fathonah warohmah amanah dan nah..diq..dah..nah serta mah yang lainnya..😁

Jerry Azim

@jerdoet

Ican & Caski... hhmm... you both deserve it.. hehehhehe..

Yg gw tau sih mereka dijodoh2in setelah penempatan, tapi ternyata emang Ican nya dah lama nyimpen perasaan itu.
Caski gak langsung nerima ternyata, bahkan jarak mereka akhirnya terpisah lautan, dan penantian Ican selama 3 tahun terjawabkan akhirnya.

Menurut gw Ican pantas dapet Caski, karena keteguhan hatinya, dan Caski pun pantas dapat Ican karena memang wanita hebat seperti Caski pantas untuk dapat yang terbaik, yang mau berjuang untuk dirinya..

Happy for both of you, semoga setelah ini selalu menjalani keindahan2 dalam hidup berumah tangga.

Murahartawaty (Dosen SI)

@murahartawaty

Perasaan terharu bahagia saat mendapatkan pesan kalau dalam waktu dekat Ican akan segera "married". Alhamdulillah. Selamat buat Ican dan Shaskia, semoga Allah SWT melengkapkan kebahagiaan kalian dengan menjadi pasangan seumur hidup yang diridhai dan diberkahi Allah SWT.

Akhirnya, Ican laku juga, hehehe. Karena memang selama kuliah saya nggak pernah lihat Ican dekat dengan teman wanita, mungkin karena sibuk kuliah kali ya, jadi urusan percintaan dikesampingkan jadi urutan terakhir.

Ican yang saya kenal termasuk sosok yang multi-talented selama kuliah, penuh dengan ide-ide yang inovatif dan kecenderungannya positif bagi lingkungan di sekitarnya. Termasuk tipe yang enak diajak diskusi, menyukai tantangan, makanya saya nggak terlalu heran ketika tahu bahwa Ican menjadi salah satu pengajar di Gerakan Indonesia Mengajar. Saluuut dan bangga...

Harapan saya buat Ican, tetaplah menjadi sosok Ican yang selalu bersemangat, memberi inspirasi dan bernilai bagi keluarga, teman, dan masyarakat. Semoga dengan kehidupan baru akan saling mensupport untuk mewujudkan mimpi-mimpi yang lebih hebat lagi, melahirkan generasi-generasi yang hebat juga, dan lebih utama menjadi keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah. Aamiin YRA

Avon Budiyono (Dosen SI)

@avon.budiyono

Ican itu selalu pioner dalam banyak hal, sosok yg banyak terlibat dalam kegiatan yg bermanfaat bagi sesama. Pertama kali baca CV nya dulu, luar biasa sekali ini anak. Tapi, jadi heran kok gak nikah2 dikala teman2 seangkatan sudah nikah, wanita seperti apa yg dicari... Akhirnya menemukannya pada Shaskia..
Kupikir gak laku karena kurang pandai merayu 😅
Selamat buat kalian berdua, selalu berusaha membuat hal yg lebih baik utk sesama.
Semoga bahagia indahnya menikah yg diimpikan terwujud selamanya..

Citra Mega Anggraini

@citcitmega

Ican akhirnya terima undangan juga dari lo. Inget banget setaun lalu sempet pernah jd tempat cerita Ican. Perjuangan dengan seorang cewe yg gw baru tau sekarang namanya itu Shaskia 😄..
Baru liat fotonya Shaskia.. Baik dan adem banget liatnya, cocok banget dengan Ican yg baik, helpful, dan soleh.. Jodoh mah gak kemana ya Can!!
Semoga dilancarkan sampai akad dan langgeng pernikahannya sampai akhirat ya kalian berdua, selalu diridhoi Allah SWT..
InshaAllah semoga gw bisa dateng ngeliat kalian berdua di pelaminan.